Gladiator07's Blog
Just another WordPress.com weblog

Formasi Mengajar Dalam Pendidikan Jasmani


Formasi Mengajar Dalam Pendidikan Jasmani

MAKALAH

Untuk memenuhi tugas mata kuliah

Pengelolaan Kelas

Yang dibina oleh Drs. Mahmud Yunus

Oleh

Omeg Adyan S.

Moh. Fauzi R.

Yuastena

Imam Eko

Adi Mulyono

Frian Arif

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FEKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN, DAN REKREASI

Mei 2009

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas ijin-Nya penyusun dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Pengelolaan Kelas. Tugas ini diberikan sebagai salah satu syarat dalam mengikuti mata kuliah ini.

Makalah yang berjudul “Formasi Mengajar Dalam Pendidikan Jasmani” ini diangkat oleh penyusun karena karya tulis ini dirasa penting untuk dipelajari di kemudian hari selaku seorang calon pendidik .

Penyusun berterimakasih kepada Bapak Mahmud Yunus selaku dosen dari mata kuliah Pengelolaan Kelas dan juga kepada pihak-pihak yang tidak disebutkan yang telah membantu kelancaran dari proses pembuatan makalah ini.

Mudah – mudahan karya tulis ini memberikan manfaat dalam segala bentuk kegiatan belajar. Khususnya kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga dapat memperlancar dan mempermudah proses pencapaian tujuan – tujuan yang telah ditetapkan.

Akhir kata, demi kesempurnaan karya tulis ini, penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.

Malang,   Mei 2009

Penyusun

ii

Daftar Isi

Sampul Depan……………………………………………………………………………………………………….. i

Kata Pengantar……………………………………………………………………………………………………… ii

Daftar Isi………………………………………………………………………………………………………………. iii

1. Pendahuluan………………………………………………………………………………………………………. 1

1.1Latar Belakang……………………………………………………………………………………………. 1

1.2Rumusan Masalah……………………………………………………………………………………….. 1

1.3Tujuan………………………………………………………………………………………………………. 2

2. Pembahasan………………………………………………………………………………………………………. 3

2.1Pengertian Formasi Mengajar………………………………………………………………………… 3

2.2Macam-macam Formasi Mengajar…………………………………………………………………. 3

3. Penutup……………………………………………………………………………………………………………… 7

3.1Kesimpulan………………………………………………………………………………………………… 7

3.2Kritik dan Saran………………………………………………………………………………………….. 7

Daftar Pustaka………………………………………………………………………………………………………. 8

iii


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Mengajar merupakan menata proses belajar mengajar sehingga didapatkan situasi belajar yang kondusif, efektif, dan efisien. Dalam proses ini terdapat banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah pengelolaan kelas. Seorang pengajar, dalam hal ini adalah guru harus bisa menguasai keterampilan ini sehingga dapat tercipta suasana kelas seperti yang telah disebutkan di atas yaitu kondusif, efektif dan efisien.

Dalam bidang Penjasorkes, pengelolaan kelas yang baik sangat penting bahkan sangat diperlukan mengingat ruang ajar yang begitu luas, tidak hanya dibatasi oleh ruangan kelas yang dikelilingi empat dinding, tetapi juga di lapangan yang sulit ditentukan batasannya, seperti lapangan basket, lapangan sepakbola, bulutangkis, lapangan voli, GOR, bahkan kolam renang.

Dalam hal ini, pengelolaan kelas menunjukan peranannya dalam hal pengaturan kelas, yaitu siswa(manusia) dan juga pengaturan sarana dan prasarana.Namun kenyataannya dalam pengajaran olahraga guru olahraga biasanya dihadapkan dengaan masalah kelas yang besar sedangkan alatnya yang sedikit atau kurang. Bagaimana pengaturan tentang masalah siswa yang banyak sedangkan sarana dan prasarananya kurang memadai jumlah maupun kualitasnya ini agar pengajaran terlaksana dengan maksimal dan siswapun mendapatkan pengajaran yang maksimal. Formasi apa sajakah yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah seperti ini.

1.1 Rumusan Masalah

Dari judul di atas maka dapat dirumuskan berbagai masalah, yaitu :

1.1.1        Apakah formasi mengajar olahraga itu?

1.1.2        Apa dan seperti apa sajakah formasi mengajar dalam olahraga itu?

1

1.2 Tujuan

Adapun tujuan dari makalah ini yaitu :

1.2.1        Mengetahui pengertian dari formasi mengajar olahraga

1.2.2        Mengetahui macam-macam jenis formasi mengajar olahraga.

.

2

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Formasi Mengajar

Tujuan dari pengelolaan kelas adalah pengaturan orang dan fasilitas agar kegiatan secara maksimal semua siswa dapat aktif terlibat melakukan kegiatan yang diajarkan. Minimal, mempunyai giliran yang tidak terlalu lama untuk melakukan kegiatan tersebut. Kita mengetahui bahwa pengajaran olahraga umumnya adalah terutama kegiatan dalam bentuk driil untuk meningkatkan skill, sehingga memerlukan pengelolaan kelas yang sedemikian rupa agar setiap siswa mendapatkan latihan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal pula.

Untuk pengajaran khususnya pada olahraga yang efektif dan efisien dituntut penggunaan secara maksimal dari fasilitas dan ruangan. Hal ini menuntut keterampilan pengajar dalam hal ini guru olahraga untuk mengatur kelas, menyesuaikan jumlah siswa dengan sarana dan prasarana yang ada.

Pengaturan inilah yang disebut dengan formasi mengajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa formasi mengajar adalah suatu pengelolaan kelas dimana pengaturan terhadap penyesuaian jumlah manusia dan peralatan yang ada agar dapat mencapai hasil yang maksimal dengan seefektif dan seefisien mungkin.

2.2 Macam-macam formasi mengajar dalam olahraga

Guru yang kreatif harus mempunyai pengetahuan tentang formasi dan mampu mengembangkan cara pembentukan formasi untuk kegiatan pengajaran olahraga yang sejalan. Berikut adalah contoh formasi dlam mengajar kelas yang besar.

Contohnya formasi untuk mengajar bulu tangkis dengan menggunakan tiga lapangan.

2.2.1 Formasi busur

3

Formasi busur yang diperlihatkan tertuma digunakan untuk penjelasan teori,  juga untuk memberikan contoh atau demonstrasi keterampilan tertentu pada siswa saat sebelum pelajaran atau saat pelajaran, atau diakhir pelajaran. Dalam hal ini gaya mengajar komando sangat diperlukan.

Gb. 1.1

2.2.2 Formasi berpasangan

Pemanfaatan ruang ditonjolkan dalam formasi ini. Contoh kegiatannya adalah drill memukul bola. Misal seorang siswa melakukan loop dan yang satunya melakukan smash, demikian bergantian. Seperti yang terlihat, semua ruangan dimanfaatkan untuk latihan baik yang berada si slam lapangan atau d luar lapangan bulutangkis. Formasi inipun masih dapat dimodifikasi lagi.

Gb. 1.2

4

2.2.3 Formasi baris berlapis

Formasi ini biasanya digunakan untuk mengajarkan footwork. Seperti dalam bulutangkis/shadow badminton. Gerakan dilakukan oleh siswa dengan arahb yang ditunjukan oleh gambar, Gerakan disesuaikan dengan perintah guru.Bukan hanya gerakan kaki, formasi ini juga dapat diikuti oleh gerakan tangan menyerang ataupun bertahan.

Gb. 1.3

2.2.4 Formasi Double Line

Formasi ini sering dipakai dalam latihan bola besar seperti basket, sepak bola, dan voli. Dalam basket biasa dipakai untuk latihan passing dengan arah yang sesuai gambar.

Gb. 1.4

5


2.2.4Double line formation

Ini merupakan modifikasi dari formasi sebelumnya, hanya saja biasanya ini dipkai untuk latihan yang menyangkut menggiring dan passing bola.

Gb. 1.5

2.2.5Formasi lingkaran

Dalam formasi lingkaran ini terdapat berbagai macam formasi yang bisa dipakai bermacam cabang olahraga, khususnya bola besar.

Gb. 1.6

2.2.6Formasi bersyaf

Formasi ini biasanya digunakan dalam latihan atletik seperti lari dan lempar.

Gb. 1.7

6

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Formasi mengajar adalah suatu pengelolaan kelas dimana pengaturan terhadap penyesuaian jumlah manusia dan peralatan yang ada agar dapat mencapai hasil yang maksimal dengan seefektif dan seefisien mungkin.

Dalam formasi mengajar ini khususnya dalam olahraga, guru dituntut memiliki kreativitas yng tinggi untuk menciptakan dan mengembangkan formasi mengajar yang baik.

3.2 Kritik dan Saran

Kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan penyusun untuk mengembangkan makalah ini.

7

DAFTAR RUJUKAN

Yunus, Mahmud. 1992. Pengelolaan Kelas Dalam Pengajaran Olahraga. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP : Malang

8

Belum Ada Tanggapan to “Formasi Mengajar Dalam Pendidikan Jasmani”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: