Gladiator07's Blog
Just another WordPress.com weblog

LAPORAN SENAM I


Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah teknik dan praktek senam I

yang dibina oleh Drs.Heru Widijoto, M .S.

Disusun oleh:

Moh.Fauzi Rohman

107161410202

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

JURUSAN ILMU KEOLAHRAGAAN

PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN, & REKREASI

MEI 2008

BAB I

  1. A. PENDAHULUAN

A.1 Stretching (pemanasan aktif)

1.1posisi berdiri

1.Diawali dengan posisi berdiri, kedua tangan di atas kepala lalu ditekan kebawah dengan hitungan 2×8.

2. Kedua tangan memegang dagu dan dagu didorong keatas dengan hitungan 2×8.

3. Tangan kiri memegang kepala kemudian tarik(patahkan) kekiri secara bergantian dengan bagian kanan dengan hitungan 2×8.

4.Tangan kanan mendorong dagu sampai menoleh kekanan. secara bergantian dengan hitungan 2×8.

5.Tangan kanan dilipat dikiri dengan tangan kiri memegang siku tangan kanan secara bergantian dengan hitungan 2×8.

6. Tangan kiri keatas taruh disamping kepala lalu tangan kanan menarik siku tangan kiri kebawah secara bergantian dengan hitungan 2×8.

7. Posisi badan tegak kedua kaki jinjit dan kedua tangan ditarik keatas, kesamping kanan dan kiri dengan hitungan 2×8.

8. Posisi badan tegak kedua kaki dibuka, lalu bungkukkan badan kemudian tarik tangan kanan kedepan dengan posisi punggung lurus kedepan. kebawah dan kebelakang dengan hitungan 2×8.

9. Posisi badan tegak. angkat kaki kiri pegang dengan kedua tangan tempelkakan perut,lalu telapak kaki diangkat kedalam, kemudian dilipat kedalam, lalu tarik kebelakang masing-masing dengan hitungan 2×8.

10 Posisi badan tegak kaki kiri ditekuk kedepan dan kaki kanan tarik lurus kebelakang setelah itu kaki kiri lurus dengan kedua tangan menekan lutut dan kaki kanan ganti yang ditekuk lakuakan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

11. Posisi kedua kaki dibuka lalu ciun lutut kaki kiri lakuakan secara bergantian dengan hitungan 2×8.

12. Posisi badan tegak kedua tangan memegang paha lalu putar badan dengan diikuti kepala menoleh kekiri lakuakan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

13. . Posisi kedua kaki rapat dan kedua tangan dengan memegang kedua telapak kaki lakuakan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

1.2 Posisi duduk

1.Posisi duduk  kaki kanan lurus kedepan lalu kaki kiri disilangkan menggunakan tangan kanan

lakuakan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

2. Posisi terlentang tarik badan kesamping kiri dan kanan lakuakan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

3. Posisi duduk  kaki kedua kaki ditekuk lalu tarik kedua tangan kedepan lakuakan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

4. Posisi duduk  kaki kedua kaki ditekuk lalu tarik kedua tangan kebelakang lakuakan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

5. Posisi duduk  kedua kaki ditekuk lalu tarik kedua tangan kebelakang dan pegang kedua kaki  lakukan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

6. Posisi duduk  kedua kaki lurus kedepan lalu cium kedua lutut lakukan dengan hitungan 2×8.

7. Posisi duduk  kedua kaki dibuka lalu cium kaki kiri dan kanan lalu tarik kedepan lakukan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

8. Posisi duduk  kedua kaki dibuka lalu angkat kaki kiri dan kanan kesamping atas lakukan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

9. Posisi terlentang lalu angkat kedua tangan dan kaki keatas lakukan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

10. Posisi duduk  kaki kanan lurus kedepan lalu kaki kiri ditekuk lalu cium kaki kanan lakukan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

11. . Posisi duduk  posisi kaki bersila lalu cium kedua telapak kaki lakukan dengan hitungan 2×8.

A.2 Permainan

1. Permainan mencari pasangan

Semua peserta didik disuh membentuk lingkaran dengan terus berputar mnengelilingi tepi matras setelah itu pembina menyebut angka aiau bilangan, maka peserta didik harus berkelompok sesuai dengan angka yang disebutkan oleh pembina.

2. . Permainan bintang beralih

Seorang peserta didik ada yang menjadi pengejar dan ada yang jadi yang dikejar, apabila yang dikejar berhenti menghadap kedalam lingkaran didepan dua orang yang  berhimpitan, maka orang ketiga yang berdiri paling belakang ganti sebagai yang dikejar begitu pula seterusnya.

3. Permainan menjala ikan

Tiga sampai lima orang sebagai jalanya dan yang lain sebagai ikanya kemudian orang yang ditetapkam sebagai jalanya tadi harus mengejar dan ikan yang tertangkap harus mbergabung menjadi jala  begitu pula seterusnya.

4. Permainan kucing dan tikus

Dua orang diplih oleh pembina yang satu jadi kucing dan yang satunya jadi tikus dan yang lainnya membentuk lingkaran dengan bergandengan tangan, setelah itu kucingnya berada didalam dan tikusnya berada diluar lingkran.Sedang kucing yang berada didalam dihalngi oleh anak-anak yang membentuk lingkaraan supaya kucing yang didalam tidak bisa keluar untuk menagakap tikus.

5. Permainan burung elang mematuk ayam

Dimulai dengan dua orang melakukan suit untuk menentukan siapa yang jadi burung elang dan yang jadi ayamnya.Setelah itu induk ayam berusaha melindungi anak ayam yang berada dibelakangnya dari patukan burung elang.

6. Permainan bola tangan

Dengan ketentuan sebagai berikut lima lawan lima dengan gawang terbuat dari selang air dan berbentuk lingkaran dengan diameter lebih besar sedikit dari bolanya.Diawali dengan dua orang sebagai kapten maju kedepan untuk melakukan suit untuk memulai pertandingan , peraturannya setiap pemain tidak boleh melangkah lebih dari 3 langkah, permainanya hampir sama dengan permainan bola basket, akan tetapi bolanya tidak dipantul-pantulkan melainkan hanya diumpankan saja keteman yang lainnya.

7. Permaina dorong-dorongan

Permainan ini dilakukan dengan berpasangan yang satu diats dan yang satu dibawah dengan ketentuan sebagai berikut yang satu naik di atas pundak temennya, begitu pula dengan yang lainnya , setelah semua dirasa siap permainan pun dimulai semua pasangan berjalan ke dalam arena permainan dan saling mendorong untuk mejatuhkan lawannya dan yang jatuh dinyatakan kalah.

8. Permaina roll depan berpasangan

Permaian ini dilakukan secra berpasangan satu orang berdiri dan satunya tidur terlentang dengan kaki ditekuk. dibuka dan tangannya memegangi pergelangan kaki temannya yang berdiri

.Setelah dirasa siap kemudian baru melakukan roll depan dengan cara mengguling begitu pula set5erusnya.

BAB II

  1. B. Isi

B.1 Latihan tubuh (kalasteknik)

1. Tangan diletakkan dipinggang lalu anggukkan kepala keatas dukali dan kebawah dua kali dengan hitungan 2×8.

2. Tangan diletakkan dipinggang lalu patahkan kepala kekiri dukali dan kekanan dua kali dengan hitungan 2×8.

3. .Tangan diletakkan dipinggang lalu tolehkan kepala kekiri dukali dan kekanan dua kali dengan hitungan 2×8.

4.Kedua tangan diletakkan didada lalu tarik dua kali pendek dua kali panjang dengan hitungan 2×8.

5. Tangan kiri diangkat lurus keatas dan tangan kanan lurus kebawah lalu ditarik kebelakang dua kali lakuakan  secara bergantian dengan hitungan 2×8.

B.2 Keseimbangan

1.. ” Sikap kapal terbang ”Posisi badan condong kedepan dengsn kedua tangan lurus kesamping sedangkan kaki kiri sebagai tumpuan dan kaki kanan sebagai penyeimbang lakuakan  secara bergantian.

2. Sikap lilin posisi terlentang lalu kaki diangkat lurus keatas dengan bantuan kedua tangan yang menyagga pinggul lakukan secukupnya.

3. Posisi badan tegak. angkat kaki kiri pegang dengan kedua tangan tempelkakan perut,lalu telapak kaki diangkat kedalam, kemudian dilipat kedalam, lalu tarik kebelakang masing-masing dengan hitungan 2×8.

B.3 Latihan kekuatan dan ketangkasan

1. Posisi duduk dan luruskan kaki dibuka kedepan, kedua tangan disamping pinggul dan kaki ditendangkan kekiri dan kekanan lakukan secukupnya.

2. Posisi hand stan dengan yang satu mengangkat dan memegangi kaki temannya dan berjalan dengan tumpuan kedua tangan  lakukan secukupnya.

3.Gerakan push-up yakni posisi badan tengkurap tegak lurus dengan sikap menahan badan dan setelah itu badan diangkat dan diturunkan secara perlahan-lahan lakukan secukupnya.

4. Gerakan sit-up yakni posisi badan terlentang dan kedua tangan berada disamping kepala lalu angkat badan dan kepala ke depan dengan bantuan kedua tangan lakukan secukupnya.

5. Posisi back-up yakni posisi badan tengkurap dan kedua tangan diletakkan dibelakang kepala kemudian badan tarik keatas dan turunkan secara perlahan-lahan lakukan secukupnya.

6. Posisi terlentang lalu ayunkan kaki kedepan dan kebelakang sampai menyentuh matras   lakukan secukupnya.

7. Posisi kayang kaki ditekuk, agak dibuka kepala menghadap kebawah dan kedua tangan disamping kepala sebagai tumpuan, kemudian badan tarik keatas dan turunkan kebawah secara perlahan-lahan lakukan secukupnya.

8. Profiller yakni posisi jongkok lalu kaki kiri ditekuk, kaki kanan lurus kedepan dan kedua tangan bertumpu disamping kanan lalu kaki kanan diputar 180 derajat hingga melewati kaki kiri dan kedua tangan lakukan secukupnya.

9. Roll depan yakni posisi badan tegak kedua tangan lurus keatas seperti huruf ’v’ lalu kedua tangan turun kebawah, kaki rapat dan membentuk sudut 45 derajat.Kemudian dagu menempel pada dada dan posisi kepala tidak boleh menyentuh matras, setelah dirasa siap maka melakukan roll depan dengan sikap akhir  posisi badan tegak kedua tangn lurus keatas seperti huruf ’v’ lakukan secukupnya.

10. Roll belakaang yakni posisi badan tegak kedua tangan lurus keatas seperti huruf ’v’ lalu kedua tangan turun kebawah, kaki rapat dan membentuk sudut 45 derajat.kemudian mengguling kebelakang dengan sikap akhir  posisi badan tegak kedua tangn lurus keatas seperti huruf ’v’ lakukan secukupnya.

11. Meroda yakni posisi badan tegak kedua tangn lurus agak keatas, lalu kaki nkiri diankat keatas diikuti putaran kedua tangan kebelakang.Setelah itu posisi kedua tangan keposisi semula dan diikuti jingkatan kaki kanan sampai batas pinggang baru setelah itu melakukan gerakan meroda dan kaki belakang digunakan sebagai ayunan dan kedua tangan dipakai sebagai tumpuan dengan posisi akhir kaki lurus kedepan dan kedua kaki dirapatkan pandangan lurus kedepan.

  1. 4 Jalan dan lari
  1. Para peserta didik disuruh baris berderet lalu orang yang paling belakang berjalan zig-zag

kedepan diantara peserta yang lain, orang yang sudah dilewati berjalan kebelakang untuk menempati tempat yang kosong setelah orang yang berjalan zig-zag sampai didepan orang pertama ia berhenti.

  1. Para peserta didik disuruh baris berderet lalu orang yang paling belakang berlari zig-zag kedepan diantara peserta yang lain, orang yang sudah dilewati berhenti kebelakang untuk menempati tempat yang kosong setelah orang yang berlari zig-zag sampai didepan orang pertama ia berhenti.

B.5 Lompat dan loncat

1. Para peserta didik disuruh baris berderet lalu orang yang paling belakang meloncat kedepan diantara peserta yang lain, orang yang sudah diloncati berhenti didepannya untuk menempati tempat yang kosong setelah orang yang meloncati sampai didepan orang pertama ia berhenti.

2. Para peserta didik disuruh baris berderet lalu orang yang paling belakang meloncat kedepan diantara peserta yang lain, dengan posisi badan membungkuk kedepan orang yang sudah dilompati berhenti didepannya untuk menempati tempat yang kosong setelah orang yang melompati sampai didepan orang pertama ia berhenti.

BAB III

C. Penutup

C.1 Pemanasan pasif (cooling down)

Dilakukan dengan berpasangan :

1. Pasangan yang satu disuruh duduk dengan badan tegak orang yang satunya lagi berdiri dibelakangnya tersebut memegang kedua tangan lalu tarik kedepan, keatas dan kebelakang  dilakukan secara bergantian dengan hitungan 2×8.

2 Posisi badan terlentang. angkat kaki kiri tekan dengan kedua tangan tempelkakan dada,lalu  luruskan keatas dengan menekan telapak kaki setelah itu tekuk kaki dan tekan telapak kaki kedalam masising-masing dengan hitungan 2×8.

Belum Ada Tanggapan to “LAPORAN SENAM I”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: