Gladiator07's Blog
Just another WordPress.com weblog

Modul MS. Word 2003


BAB I

MENU BAR

1. File

Untuk menyimpan dokumen baru, secara default nama dokumen akan berurutan, yaitu document 1, document 2, document 3, dan seterusnya. Cara untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut:

  1. klik menu file > save atau file > save as sehingga muncul kotak dialog Save As (gambar).
  1. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:

  • Save In: tentukan lokasi folder untuk tempat dokumen yang akan disimpan.
  • File name: ketikan nama untuk identifikasi dokumen.

  • Save As Type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu word document.
  • Klik tab save untuk menyimpan dokumen tersebut.

Untuk menyimpan dokumen lama untuk diedit, klik menu file > save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik file > save as sehingga caranya seperti menyimpan dokumen baru. Apabila dalam meyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan nama yang ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti gambar di bawah ini akan muncul. (gambar)

  • Replace exiting file: menimpa file yang ada dengan dokumen baru.
  • Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
  • Merge into editing file: menggabungkan perubahan yang dilakukan ke dalam file yang sudah ada.

Setelah selesai mengedit dokumen dan sudah memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menyimpan dokumen, yaitu:

  • Klik menu file > close.
  • Klik tombol open yang terdapat dalam toolbar.

Sehingga muncul kotak dialog open (gambar), kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.

2. Menuliskan dan memformat teks dan paragraph

Pengetikan teks dimulai dari titik sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang terkedip didalam halaman dokumen. Dalam mengetikan teks, penekanan tombol enter pada keyboard akan membuat paragraf baru untuk membuat hasil yang maksimal, maka perlu pemformatan karakter, seperti menentukan jenis huruf, type huruf, ukuran huruf, dan lainnya. Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan. Klik menu format > font untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotan dialog font seperti gambar dibawah ini: (gambar)

  • Font :menentukan jenis huruf yang digunakan.
  • Font style : menentukan tipe huruf, yaitu regular (biasa), italic (miring), bold (tebal), dan bold italic (tebal dan miring).
  • Size :menentukan ukuran huruf.
  • Font color :menentukan warna huruf.
  • Effects :untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
  • Preview :menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.

Tabel di bawah ini menunjukan atau memperlihatkan contoh-contoh hasil pemformatan teks dan penggunaan efeks di dalam teks.

Format Karakter

Hasil Format Karakter

Reguler

Contoh teks dengan efek

Bold

Contoh teks dengan efek

Italic

Contoh teks dengan efek

Bold italic

Contoh teks dengan efek

Underline

Contoh teks dengan efek

Bold-italic-underline

Contoh teks dengan efek

Striketrough

Superscript

Contoh teks dengan efek

Subscript

Contoh teks dengan efek

Shadow

Contoh teks dengan efek

Outline

Contoh teks dengan efek

Emboss

Contoh teks dengan efek

Engrave

Contoh teks dengan efek

Small caps

Contoh teks dengan efek

All caps

Contoh teks dengan efek

Hiden

Tidak terlihat

Double strikethrough

Selain pemformatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraph ada empat macam, yaitu rata kiri, rata tengah, rata kanan, dan rata kiri kanan.

Contoh penggunaan perataan paragraf:

  • Rata Kiri

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah data. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

  • Rata Tengah

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah data. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

  • Rata Kanan

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah data. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

  • Rata Kiri Kanan

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah data. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

Pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antar baris di dalam paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing.

Contoh penggunaan Line Spacing.

  • Pengaturan spasi baris dengan nilai single

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah data. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

  • Pengaturan spasi baris dengan nilai double

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah data. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

Menyisipkan tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen. Contoh penggunaannya dapat dilihat [ada gambar dibawah ini.

Cara paling mudah dalam menggunakan tabulasi adalah dengan memposisikan pointer pada ruler kemudian klik pointer sehingga muncul tombol tabulasi. Untuk menghapus tabulasi, seret tombol tabulasi keluar ruler. Ada lima alligment yang dapat dipilih yaitu Left, Center, Right, Decimal, dan Bar.

  1. Mengedit teks

Pengeditan teks dapat dilakukan antara lain, memilih, menghapus, menggandakan, dan sebagainya.

  • Memilih karakter, kata, barris, dan paragraph

Karakter yang terpilih akan ditandai dengan kotak hitam yang menutupinya dan warna karakter akan berubah terang. Untuk memilih karakter yang berurutan, posisikan pointer di belakang karakter pertama, tekan mouse, kemudian seret ke arah karakter-karakter yang dipilih. Untuk kata-kata yang tidak berurutan, tekan tombol control pada keyboard sebelum pindah ke kata-kata berikutnya. Untuk memilih satu baris, posisikan pointer disebelah kiri baris sehingga pointer berubah menjadi tanda anak panah, kemudian klik hingga baris tersebut terpilih. Untuk memilih satu paragraf, posisikan pointer diatas sembarang teks di dalam paragraf, kemudian klik tiga kali maka seluruh paragraf akan terpilih. Dan untuk memilih semua karakter, klik menu Edit > select All.

  • Menghapus karakter

Penghapusan karakter dapat menggunakan tombol delete dan backspace pada keyboard. Perbedaan diantara keduanya adalah:

    • Apabila titik sisip berada di belakang karakter yang akan dihapus, gunakan delete pada keyboard.

    • Apabila titik sisip berada di depan karakter yang akan dihapus, gunakan backspace pada keyboard.

  • Menggunakan perintah copy, cut, paste

Perintah copy dan paste mempunyai kaitan. Perintah copy digunakan untuk menggandakan karakter yang terpilih kemudian untuk menempatkannya pada posisi lain, perintah paste adalah untuk menempatkan hasil pengoperasian perintah tersebut ke tempat yang baru. Perintah cut digunakan untuk memotong karakter yang terpilih kemudian dipindahkan. Perintah cut juga memerlukan perintah paste untuk menempatkan hasil ke posisi yang baru. Bedanya dengan perintah copy adalah perintah cut akan menghapus karakter yang berada pada posisi aslinya, sedangkan perintah copy tidak menghapus karakter pasa posisi asli. Perintah copy, cut, dan paste juga berlaku antar dokumen.

  • Menggunakan perintah undo dan redo

Perintah undo digunakan untuk mengembalikan aksi yang telah dilakukan ke aksi yang sebelumnya. Sedangkan redo adalah kebalikannya.

  1. Menggunakan penomoran dan penandaan

Seringkali di jumpai di dalam dokumen penulisan teks dengan penomoran (numbering) dan penandaan (bullet). Program MS Word menyediakan fasilitas bullet and numbering untuk membuat variasi teks.

Perhatikan contoh penggunaan penggunaan penomoran dan penandaan:

Contoh penomoran

Produk MS Word antara lain:

  1. MS Word
  2. MS Excel
  3. MS Power Point

Contoh Penandaan

  1. Menggunakan Tabel

Pada umunya, penyisipan tabel ke dalam dokumen berfungsi untuk mendukung penjelasan/uraian dokumen. Untuk membuat tabel, klik menu table > insert > table sehingga muncul kotak dialog insert table. (gambar)

  • number of colums

untuk menentukan jumlah ko,om, sebagai contoh isikan 2.

  • number of rows

untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3.

  • autofit bahavior

untuk pengaturan lebar kolom.

Teks dapat langsung diketikkan di dalam sel tabel. Hasil dari contoh akan membuat contoh tabel seperti dibawah ini:

Contoh Teks

Table dapat diatur propertinya untuk menyesuaikan tampilannya, misalnya menatur tampilan garis, memberi warna sel, mengatur posisi, dan lainnya. Contoh table dibawah ini adalah table yang telah diberi variasi:

NIM Nama
27990874 Karim
27909876 Supeno

Variasi pada table tersebut dapat dibuat dengan menggunakan berbagai macam fasilitas yang ada pada view > Tool bars > Table and borders

  1. Menyisipkan Objek
  • menyisipkan gambar

gambar dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah disediakan MS Word. Untuk menyisipkannya, klik menu insert > picture > clip art. Pada bagian search for di task pane, ketikkan kata petunjuk yang berkaitan dengan gambar seperti contoh di bawah ini:

Untuk menyisipkan gambar dari file, klik menu insert > picture > from file sehingga muncul kotak dialog insert picture (gambar 14). Pilih gambar yang diinginkan dari folder.

  1. Menyisipkan Objek Autoshape

Autoshape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya. Objek-objek tersebut dapat disisipkan dengan memilihnya pada tool bar drawing (gambar). Untuk menampilkan toolbar ini, klik menu view > toolbars > drawing. Klik tombol autoshape kemudian pilih kategori objek sesuai kegiatan.

(gambar)

Contoh objek garis dengan dua mata panah dikedua sisinya (double arrow)

Dari objek-objek yang ada, dapat disisipkan teks ke dalamnya.contoh penggunaan salah satu objek dengan teks.

  1. Menyisipkan Simbol

Di dalam dokumen juga sering dijumpai pengguna symbol seperti , ,dan sebagainya. Cara menyisipkan symbol adalah klik menu insert > symbol sehingga keluar kotak dialog symbol (gambar). Pilihlah symbol yang hendak digunakan lalu klik insert.

Menyisipkan Diagram

Untuk membuat diagram struktur organisasi seperti contoh di bawah ini, klik insert > picture > organization chart

Untuk membuat diagram data tersebut pada ctoh dibawah, klik insert > picture > chart kemudian ganti nilai sesuai yang dikehendaki.

Untuk mengubah type diagram, klik chart > chart type sehingga muncul kotak dialog chart type (gambar). Pada kotak tersebut pilihlah type diagram yang dikehendaki, kemudian klik tab ok.

Menyisipkan Word Art

Teks yang dibuat dengan word art akan tampak lebih bervariasi. Salah satu contoh penggunaan wordart adalah seperti dibawah ini

Cara membuatnya adalah klik menu insert > picture > wordart sehingga muncul wordart gallery. Kemudian kreasi teks sesuai keinginan kemudian ketikkan teks.

Menyisipkan nomor halaman

Penomoran halaman dapat dibuat secara otomatis. Caranya klik menu insert > page numbers sehingga muncul kotak dialog page numbers (gambar). Klik ok

( gambar)

  1. Menyisipkan Header dan Footer

Fasilitas header and footer digunakan untuk membuat catatan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk kebagian ini, klik menu view > header and footer sehingga tampilan dokumen akan berpindah pada area header atau footer(gambar). Hal ini diindikasikan dengan teks dan objek didalam dokumen terlihat redup. Ketikkan teks yang dibuat.

Borders, Shading, dan Drop Cap

Beberapa tambahan dalam membuat dokumen tampak lebih menarik seperti contoh dibawah ini:

Microsof Office 2003

Microft Office merupakan program untuk mengolah data. Program ini biasa digunakan untuk…………….

Untuk membuat bagian Microsoft Office 2003 yang berwarna ornye dengan garis ungu dibawahnya, caranya adalah dengan klik menu format > borders and shading kemudian akan muncul kotak dialog orders and shading, tab borders untuk membuat garis pembatas, tab page borders untuk membuat garis pembatas pada halaman, sedangkan tab shading untuk mewarnai satu baris seperti warna oranye pada contoh. Untuk mengganti warna huruf, klik tombol A.

Huruf pertama yang ukurannya lebih besar tersebut (M), dapat dibuat dengan klik menu format > drop out.

11.Membuat Kolom

Untuk membuat kolom seperti yang terlihat pada contoh dibaeah ini adalah dengan klik format > colum. Microsoft word adalah program yang digunakan untuk mengolah kata .Pragram ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya, karya tulis, novel dan sebagainya. Selain itu M.S word juga bias digunakan….

Mencetak

Sebelum mencetak dokumen, ada baiknya jika tampilan cetak dilihat terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara klik atau klik menu file > print preview

Jika sesudah sesuai, cara untuk mencetak adalah dengan klik menu file > print sehingga muncul kotak dialog print seperti gambar dibawah ini. Atur property atau lakukan pengaturan hasil cetakan yang dikehendaki jika diperlukan. Klik ok.

HOT KEYS yang sering digunakan

hotkeys Kegunaan
Ctrl + C Copy
Ctrl + V Paste
Ctrl + X Cut
Ctrl + B Bold
Ctrl + I Italic
Ctrl + U Underline
Ctrl + O Open
Ctrl + S Save
Ctrl + P Print
Ctrl + Z Undo
Ctrl + Y Redo
Ctrl + A Select All
Ctrl + F1 Task Pane

BAB II

MICROSOFT WORD 2003

  1. Mengenal Microsoft Word

Microsoft Word (MS Word) adalah suatu program untuk mengolah kata. Program ini dapat digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain untuk menulis dokumen, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.

Tampilan kerja MS Word terdiri atas tittle bar,menu bar, tool bar, ruler, dan task pane. Tampilan area kerja dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

(Gambar)

Tittle bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tittle bar berisi tombol yang menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol minimize, maximize/ restore, dan close.

Menu bar berisi rangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh pada gambar 2, perintah file mempunyai perintah sub-sub perintah yang berkaitan dengan dokumen, misalnya membuat dokumen baru, mengatur property dokumen, dan sebagainya.

(gambar)

Tool bar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool open merupakan shortcut dari perintah file > open, atau tool print merupakan shortcut dari perintah file > print.

Ruler adalah suatu kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertical, yaitu disebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.

Task pane adalah suatu fasilitas yang berisi rangkuman perintah yang sering digunakan dalam pengeditan dokumen. Bagian didalam jendela task pane terdiri atas 13 bagian, yaitu getting started, help, sarch result, clip art, research, clipboard, new document, shared workspace, document updates, protect document, styles and formatting, reveal formatting, mail merge, dan XML Structures.

Status Bar adalah garis horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan, antar lain (gambar)

  • Page Number

Berguna untuk menampilkan suatu informasi halaman.

  • Sec

Berguna Menampilkan action dokumen

  • Number/number

Berguna Menampilkan nomor halaman dan total halaman berdasarkan fisik halaman di dalam dokumen. Sebagai contoh, 4/13 artinya halaman 4 dari total 14 halaman.

  • At

Berguna untuk Menampilkan jarak dari atas halaman pada titik sisip.

  • La

Menampilkan baris dari teks tempat titik sisip diposisikan.

  • Col

Menampilkan jarak dari baris kiri ke posisi titik sisip. Jarak ditentukan dengan jumlah karakter.

Untuk mengatur jenis tampilan dokumen, pilih salah satu submenu di dalam menu view. Beberapa tampilan tata letak yaitu:

  • Normal

Memberikan tampilan sesuai format yang ditetapkan pada teks.

  • Print Layout

Memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat akan dicetak.

  • Web Layout

Memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan dalam Outline

Memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.

2.Membuat, menyimpan, menutup, membuka dokumen.

Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. klik menu file > new sehingga muncul jendela task pane yang menampilkan bagian new document.
  2. setelah itu, pilihlah blank document untuk membuat dokumen. (dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)

Di dalam tool bar juga terdapat tombol new blank document (gambar) yang berfungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela task pane.

Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur property terlebih dahulu. Pengaturan property mempangaruhi hasil cetakan. Pengaturan property dapat dilakukan dengan menggunakan perintah file > page setup sehingga muncul kotak dialog page setup (gambar). Kotak dialog itu terdiri dari tiga bagian, yaitu margins, paper, dan layout.

1) Margins

Untuk menentukan batas atas (top), kiri (left), kanan (right), dan bawah (bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas.

  1. Paper size

Untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan ukuran kertas sendir, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak width dan height.

Secara default, satuan yang digunakan pada ruler maupun margins adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu tools > options sehingga muncul kotak dialog option (gambar). Pilih tab general. Pada bagian measurement units, gantilah satuan ke sentimeter.

Belum Ada Tanggapan to “Modul MS. Word 2003”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: