Gladiator07's Blog
Just another WordPress.com weblog

Komputer Memakai Opteron Tercepat di Dunia


Organisasi yang mengukur dan mendata sistem komputer terkuat di dunia sejak tahun 1993, Top 500 mencatat, Jaguar yang menggunakan Opteron sebagai prosesor untuk super komputer tercepat di dunia saat ini. Top 500 yang dalam situsnya yang merilis update daftar komputer tercepat dua kali dalam setahun ini, memilihnya di peringkat pertama.

Pada daftar terbaru yang dilansir, super komputer bernama Jaguar milik Oak Ridge National Laboratory, asal Tennessee, tercatat sebagai yang memiliki kinerja tertinggi. Komputer tersebut berada di laboratorium sains dan teknologi dan digunakan oleh United States Department of Energy.

Jaguar, komputer buatan Cray, seperti dilansir VIVAnews, Selasa (17/11), sebelumnya menggunakan prosesor AMD Opteron quad core. Akan tetapi, kini ia telah diupgrade menggunakan prosesor Opteron berinti enam.

Upgrade tersebut membuat sistem mampu menghadirkan performa puncak hingga 2,3 peta floating point operations per second (PFLOPS) atau 2,3 miliar mega FLOPS. Pada Linpack benchmark, kecepatannya tercatat mencapai 1,759 PFLOPS atau 1,04 PFLOPS lebih cepat dibanding IBM Roadrunner yang ada di posisi kedua.

Yang menarik, empat dari lima super komputer tercepat di dunia menggunakan prosesor AMD. Roadrunner milik IBM yang sebelumnya merupakan komputer tercepat juga menggunakan prosesor Opteron. Adapun secara total, Jaguar memiliki 224.162 core, memori sebesar 300 terabyte, dan hard disk berkapasitas total 10 petabyte.

Selasa, 17 November 2009 10:47 WIB

Jakarta, (tvOne)

Belum Ada Tanggapan to “Komputer Memakai Opteron Tercepat di Dunia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: