Gladiator07's Blog
Just another WordPress.com weblog

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 76 TAHUN 2009


PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 76 TAHUN 2009
TENTANG
UJIAN NASIONAL PROGRAM PAKET C KEJURUAN TAHUN 2009
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
Menimbang : bahwa dalam rangka pelaksanaan ketentuan Pasal 67 ayat (3) dan
Pasal 71 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan dan dalam rangka memberi pelayanan akses bagi
peserta didik yang memilih jenis pendidikan kejuruan pada jalur
nonformal, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
tentang Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan Tahun 2009;
Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan
Lembaran Negara Nomor 4301);
2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 41,
Tambahan Lembaran Negara Nomor 4496);
3. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan,
Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tatakerja Kementerian
Negara Republik Indonesia sebagaimana telah beberapa kali
diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2008;
4. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun 2004
mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana
telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden
Nomor 77/P Tahun 2007;
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006
tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah;
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 Tahun 2007
tentang Standar Isi untuk Program Paket A, Program Paket B, dan
Program Paket C;
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 3 Tahun 2008
tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket A,
Program Paket B, dan Program Paket C;
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007
tentang Standar Penilaian Pendidikan;
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 36 Tahun 2009
tentang Penyelenggaraan Program Paket C Kejuruan.
MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL TENTANG UJIAN
NASIONAL PROGRAM PAKET C KEJURUAN TAHUN 2009
Pasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:
1. Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan adalah kegiatan pengukuran dan
penilaian kompetensi peserta didik setara sekolah menengah kejuruan (SMK).
2. Satuan pendidikan nonformal kesetaraan adalah penyelenggara pendidikan
kesetaraan, mencakup kelompok belajar, sanggar kegiatan belajar (SKB), pusat
kegiatan belajar masyarakat (PKBM), dan satuan pendidikan sejenis lainnya.
3. Prosedur operasi standar yang selanjutnya disebut POS adalah prosedur operasi
standar yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan Program Paket C Kejuruan
yang ditetapkan oleh BSNP.
4. Surat keterangan hasil ujian nasional Program Paket C Kejuruan adalah dokumen
resmi yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan yang memuat daftar nilai Ujian
Nasional Program Paket Paket C Kejuruan.
5. Pemerintah adalah Pemerintah Pusat.
6. Menteri adalah Menteri Pendidikan Nasional.
7. Badan Standar Nasional Pendidikan yang selanjutnya disebut BSNP adalah badan
yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pasal 2
Mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan meliputi
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Pendidikan Kewarganegaraan.
Pasal 3
Persyaratan peserta Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan adalah:
a. memiliki surat keterangan tidak lulus Ujian Nasional SMK;
b. lulus ujian teori kejuruan dan praktik kejuruan yang dibuktikan dengan sertifikat
kompetensi keahlian; dan
c. tidak lulus atau tidak ikut Ujian Nasional Program Paket C.
Pasal 4
(1) Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan dilaksanakan pada minggu kedua
bulan November 2009.
(2) Jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan diatur dalam
POS yang ditetapkan oleh BSNP.
Pasal 5
Kisi-kisi soal Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan Tahun 2009 disusun
berdasarkan standar kompetensi lulusan Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan
sebagaimana tercantum pada Lampiran Peraturan Menteri ini.
Pasal 6
(1) Soal Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan disusun dan dirakit berdasarkan
kisi-kisi soal Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan Tahun 2009.
(2) Soal Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan sebagaimana dimaksud pada
ayat (1) dikembangkan dan dikelola oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik)
Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional di
bawah koordinasi dan supervisi BSNP.
(3) Soal Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan ditelaah oleh guru, dosen dan
Puspendik di bawah koordinasi dan supervisi BSNP.
(4) Soal Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan ditetapkan oleh BSNP.
Pasal 7
Penggandaan bahan Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan dilakukan di tingkat
provinsi oleh perusahaan percetakan yang ditetapkan oleh Penyelenggara Ujian
Nasional Program Paket C Kejuruan tingkat provinsi sesuai dengan peraturan
perundang-undangan.
Pasal 8
Ujian Nasional Program Paket Paket C Kejuruan diselenggarakan oleh BSNP yang
pelaksanaannya bekerja sama dengan instansi terkait di lingkungan Pemerintah,
pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.
Pasal 9
Peserta Ujian Nasional Program C Kejuruan dinyatakan lulus jika memiliki nilai ratarata
minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal
4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran
lainnya.
Pasal 10
Biaya penyelenggaraan Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan menjadi tanggung
jawab Pemerintah dan pemerintah daerah.
Pasal 11
(1) Perorangan, kelompok, dan/atau lembaga yang terlibat dalam pelaksanaan
Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan wajib menjaga kerahasiaan,
keamanan, kejujuran, dan kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Program
Paket C Kejuruan.
(2) Perorangan, kelompok, dan/atau lembaga yang melakukan pelanggaran atau
penyimpangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan
dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Pasal 12
Hal-hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Program Paket C
Kejuruan diatur lebih lanjut dalam POS Ujian Nasional Program Paket C Kejuruan
yang ditetapkan oleh BSNP.
Pasal 13
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 13 Oktober 2009
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD.
BAMBANG SUDIBYO
Salinan sesuai dengan aslinya.
Kepala Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan Nasional,
Dr. A. Pangerang Moenta,S.H.,M.H.,DFM
NIP 196108281987031003
SALINAN
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 76 TAHUN 2009 TANGGAL 13 OKTOBER 2009
KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL PROGRAM PAKET C KEJURUAN TAHUN 2009
1. Pendidikan Kewarganegaraan Program Paket C Kejuruan
No. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUKUR
Mendeskripsikan budaya politik dalam masyarakat
Indonesia dan dunia
Mendeskripsikan makna yang terdapat dalam
budaya demokrasi
Mendeskripsikan sosialisasi politik
Mengidentifikasi unsur pembentuk masyarakat
madani
Mendeskripsikan keterbukaan pemerintah
Mendeskripsikan unsur terbentuknya negara
Mendeskripsikan norma-norma dalam kehidupan
Mendeskripsikan klasifikasi hukum
Mendeskripsikan usaha bangsa dalam
pemberantasan korupsi
Mendeskripsikan upaya bangsa dalam penegakkan
HAM
Mendeskripsikan kaidah negara yang fundamental
Mendeskripsikan masalah kewarganegaraan
1. Memahami konsep dasar kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara
dengan cara mendeskripsikan,
mengidentifikasi, dan menganalisis
hakikat bangsa dan negara, masyarakat
dan sistem politik, prinsip-prinsip
demokrasi, sistem pemerintahan, dan
hubungan internasional.
Mendeskripsikan komponen dalam kehidupan
politik (infrastruktur politik/suprastruktur politik)
Mendeskripsikan fungsi/peranan pers sesuai
peraturan perundangan yang berlaku
2. Memahami konsep dasar kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara
dengan cara mendeskripsikan,
mengidentifikasi, dan menganalisis
prestasi diri, pengaruh globalisasi
terhadap bangsa dan negara, serta
peranan pers dalam kehidupan
masyarakat yang demokratis
Mendeskripsikan proses globalisasi
1
No. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUKUR
Mendeskripsikan makna Pancasila sebaga ideologi
terbuka
3. Memahami konsep dasar kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara
dengan cara mendeskripsikan,
mengidentifikasi, dan menganalisis nilai
dan norma, hubungan dasar negara
dengan konstitusi, Pancasila
Mendeskripsikan sistem pemerintahan di berbagai
negara
Mendeskripsikan tugas perwakilan diplomatik di
suatu negara
4. Memahami konsep dasar kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara
dengan cara mendeskripsikan,
mengidentifikasi, dan menganalisis
penegakan hak asasi manusia dan
implikasinya, sistem hukum
internasional dan peradilan
internasional, keterbukaan, serta
jaminan keadilan.
Mendeskripsikan prinsip hukum internasional
2
2. BAHASA INGGRIS PROGRAM PAKET C KEJURUAN
NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
PICTURE
– Menentukan pernyataan lisan tentang kegiatan
yang sedang berlangsung, sesuai dengan
gambar.
– Menentukan pernyataan lisan tentang lokasi
suatu benda, sesuai dengan gambar.
– Menentukan pernyataan tentang penampilan
(ciri-ciri fisik) seseorang, sesuai dengan
gambar.
QUESTION- RESPONSE
– Menentukan respons yang tepat terhadap
ungkapan saran, pilihan, undangan, dan
arah/lokasi yang diberikan secara lisan.
SHORT CONVERSATION
– Menentukan gambaran umum, informasi
tersurat, informasi tersirat dari percakapan
singkat tentang perkenalan, kegiatan seharihari,
rencana, dan perbandingan yang diberikan
secara lisan.
1. LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana lisan
interpersonal, transaksional dan teks
fungsional pendek berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan
keprofesian.
SHORT TALK
– Menentukan gambaran umum dan informasi
tersurat dari sebuah iklan radio monolog
singkat.
– Menentukan gambaran umum dan informasi
tersirat dari sebuah pengumuman singkat yang
diberikan secara lisan.
INCOMPLETE DIALOGUE
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan hobi dan minat
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan penanganan tamu/percakapan ditelepon
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan kejadian masa lampau.
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan undangan
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan pujian
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan keluhan
2. READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tulis
interpersonal transaksional, dan teks
fungsional pendek berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari, pekerjaan, dan
keprofesian.
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan perintah/permohonan
3
NO. STANDAR KOMPETENSI KEMAMPUAN YANG DIUJI LULUSAN
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan nasehat/saran
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan pengandaian
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan persetujuan/ ketidaksetujuan
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan pemberian arah dan lokasi
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan kegiatan rutin/sehari-hari.
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan pemesanan
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan suatu kemungkinan
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan kemampuan seseorang/sesuatu
ERROR RECOGNITION
– Menentukan ungkapan perbandingan
benda/orang
– Menentukan ungkapan deskripsi benda
(adjective clause)
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan penawaran/persuasi
– Menentukan ungkapan deskripsi fisik
seseorang (physical appearance)
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan pemberian/permohonan perizinan
– Menentukan ungkapan yang berhubungan
dengan perasaan seseorang
READING COMPREHENSION
– Menentukan informasi rinci tersurat, pikiran
utama, dan rujukan kata dari surat bisnis.
– Menentukan gambaran umum, informasi
rinci tersurat, dan sinonim kata tertentu dari
sebuah tabel/diagram.
– Menentukan pikiran utama, informasi
tersurat, dan sinonim kata tertentu dari teks
singkat tentang pengalaman kerja seseorang.
– Menentukan gambaran umum, informasi
rinci tersurat, dan informasi tersirat dari
sebuah teks prosedur.
– Menentukan gambaran umum, informasi
tersurat, dan rujukan kata dari teks singkat
tentang deskripsi sebuah benda/tempat.
4
3. BAHASA INDONESIA PROGRAM PAKET C KEJURUAN
NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Menentukan isi dan unsur paragraf
Menentukan kalimat berbentuk opini
Menentukan jenis laporan
Menentukan isi petunjuk kerja
Menentukan isi riwayat hidup (biografi/otobiografi)
Menentukan isi grafik dan matriks
Menentukan tanggapan yang logis dan yang sesuai
dengan isi paragraf
Menentukan makna istilah dalam paragraf
Menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi yang benar
1. Memahami isi berbagai bentuk wacana
nonsastra seperti berbagai teks bacaan
dari media cetak, laporan, petunjuk
kerja, aturan, otobiografi, biografi,
grafik, matriks, bagan, diagram, denah,
dan jadwal serta menanggapi isinya
secara kritis.
Menyimpulkan isi laporan
Menulis/melengkapi karangan
Melengkapi bagian proposal
Menentukan kesesuaian bagian-bagian proposal
Menentukan jenis karangan
Menentukan kalimat yang menyatakan hubungan
perbandingan dalam paragraf
Menentukan penulisan kata dan pilihan kata (diksi)
Menentukan kerangka karangan
Menentukan kalimat efektif dalam karangan
Menyusun topik karangan yang diacak
Melengkapi paragraf rumpang dalam suatu karangan
Menentukan ungkapan berdasarkan ilustrasi karangan
Menentukan bagian-bagian surat berita keluarga
Menentukan jenis surat
Menentukan kalimat penutup surat permohonan
Menentukan isi surat perjanjian jual beli
Melengkapi bagian-bagian isi surat kuasa
Menentukan kalimat pembuka surat lamaran
pekerjaan
Menyunting kalimat laporan
Menyusun sebuah catatan kaki
Menentukan isi catatan hasil rapat
2. Menulis proposal dan berbagai jenis
karangan, surat, dan membuat berbagai
laporan.
Menentukan isi prakata (kata pengantar)
Menentukan makna kalimat poster
Menentukan makna ungkapan dalam lirik lagu
Menentukan peribahasa sesuai ilustrasi
Menentukan unsur intrinsik dalam puisi
Menentukan unsur intrinsik penggalan cerpen,
roman, novel
Melengkapi naskah drama dan memahami isinya
3. Mengapresiasikan seni berbahasa seperti
iklan, lirik lagu, dan sastra (teks prosa,
puisi, dan drama).
Menentukan unsur ekstrinsik penggalan novel
5
4. MATEMATIKA PROGRAM PAKET C KEJURUAN KELOMPOK TEKNOLOGI,
KESEHATAN, DAN PERTANIAN
NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Menghitung hasil operasi bilangan riil (persen)
Menghitung hasil operasi bilangan berpangkat
Menyederhanakan pecahan bentuk akar
1. Melakukan operasi bilangan riil dan
menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menghitung nilai logaritma
2. Memecahkan masalah yang berkaitan Menentukan persamaan garis
dengan fungsi, persamaan fungsi linear
dan fungsi kuadrat. Menggambar grafik fungsi kuadrat
Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan
linear satu variabel
3. Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linear. Menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua
variable
Menuliskan model matematika dari masalah program
linear
4. Menyelesaikan masalah program linear.
Menghitung nilai optimum dari progam linear
Menentukan hasil operasi matriks
Menentukan hasil operasi vektor
5. Menyelesaikan masalah matriks dan
vektor serta menerapkannya dalam
bidang kejuruan.
Menentukan besar sudut antara dua vector
Menghitung keliling bangun datar
Menghitung luas bangun datar
Menentukan luas permukaan bangun ruang
6. Menghitung keliling dan luas bangun
datar, luar permukaan dan volume
bangun ruang serta menerapkannya
dalam bidang kejuruan.
Menentukan volume bangun ruang
Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan
majemuk
Menentukan negasi pernyataan majemuk
Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi
7. Menerapkan prinsip-prinsip logika
matematika dalam pemecahan masalah
yang berkaitan dengan pernyataan
majemuk dan pernyataan berkuantor.
Menarik kesimpulan dari beberapa premis
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan trigonometri
Mengubah koordinat kutub ke kartesius atau
sebaliknya
8. Menerapkan konsep perbandingan
trigonometri dalam pemecahan masalah.
Menentukan nilai perbandingan trigonometri dengan
menggunakan rumus jumlah dan selisih
6
NO. STANDAR KOMPETENSI KEMAMPUAN YANG DIUJI LULUSAN
9. Menyelesaikan masalah dengan konsep
peluang.
Menghitung permutasi, kombinasi, dan peluang suatu
kejadian
Menghitung unsur-unsur pada diagram lingkaran atau
batang
Menghitung ukuran pemusatan
10. Menerapkan aturan konsep statistik
dalam pemecahan masalah.
Menghitung ukuran penyebaran
11. Menggunakan konsep limit fungsi dan Menentukan turunan fungsi aljabar
turunan fungsi dalam penyelesaian
masalah. Menghitung nilai maksimum atau nilai minimum
suatu fungsi aljabar
Menghitung integral tak tentu dan tentu dari fungsi
aljabar
Menghitung luas daerah antara dua kurva
12. Menggunakan konsep integral dalam
penyelesaian masalah.
Menghitung volume benda putar
7
5. MATEMATIKA PROGRAM PAKET C KEJURUAN, PROGRAM KEAHLIAN
AKUNTANSI, DAN PENJUALAN
NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan
1. Melakukan operasi hitung pada bilangan
real dan dapat menerapkannya dalam
bidang kejuruan. Menyederhanakan pecahan bentuk akar
Menentukan himpunan penyelesaian sistem
persamaan linear dua variabel
Menentukan penyelesaian permasalahan program
linear
2. Menyelesaikan masalah persamaan dan
pertidaksamaan, program linear, serta
dapat menerapkannya dalam bidang
kejuruan.
Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan
kuadrat
3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan Menyelesaikan operasi matriks
dengan matriks. Menentukan invers matriks
Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi dari
suatu pernyataan
4. Mengaplikasikan prinsip-prinsip logika
matematika dalam menarik kesimpulan
serta dapat menerapkannya dalam
bidang kejuruan.
Menentukan kesimpulan dari premis-premis yang ada
sesuai hukum-hukum logika (modus tollens, dsb)
Menggunakan fungsi linear pada masalah di bidang
kejuruan
5. Menyelesaikan masalah fungsi dan
dapat menerapkannya dalam bidang
kejuruan. Menghitung unsur-unsur pada grafik fungsi kuadrat
Menentukan rumus umum suatu barisan bilangan
Menyelesaikan masalah deret aritmetika
Menentukan suku suatu barisan geometri
6. Menerapkan konsep pola bilangan
dalam menyelesaikan perhitungan
barisan dan deret, serta terampil
menggunakannya untuk menyelesaikan
permasalahan dalam bidang kejuruan. Menentukan suku deret geometri tak hingga
7. Menghitung keliling, luas bangun datar, Menghitung keliling bangun datar
dan dapat menerapkannya dalam bidang
kejuruan.
Menghitung luas bangun datar
Menghitung permutasi dari beberapa unsur
Menghitung kombinasi dari beberapa unsur
8. Menentukan banyak kemungkinan dan
besar peluang suatu kejadian, serta
dapat menerapkannya dalam bidang
kejuruan.
Menghitung peluang kejadian
Menghitung unsur-unsur pada diagram lingkaran atau
batang
Menghitung ukuran pemusatan
Menghitung ukuran penyebaran
9. Mengolah, menyajikan, dan
menafsirkan data serta dapat
menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menghitung angka baku dan koefisien variasi
Menghitung bunga tunggal
Menghitung bunga majemuk
Menghitung rente
Menghitung anuitas
10. Menerapkan konsep matematika
keuangan serta terampil
menggunakannya untuk menyelesaikan
permasalah dalam bidang kejuruan.
Menghitung penyusutan
8
6. MATEMATIKA PROGRAM PAKET C KEJURUAN KELOMPOK PARIWISATA, SENI
DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL,
DAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
NO. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan
1 Melakukan operasi hitung pada bilangan
real dan dapat menerapkannya dalam
bidang kejuruan. Menghitung hasil operasi bilangan berpangkat,
logaritma, dan bentuk akar dengan menggunakan
sifat-sifatnya
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
Menentukan hasil operasi akar-akar persamaan
kuadrat
Menyusun persamaan kuadrat baru dengan
menggunakan sifat-sifat akar-akar persamaan kuadrat
tersebut
Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan
kuadrat
Menyelesaikan permasalahan pada sistem persamaan
linear dua variabel
Menyelesaikan operasi matriks
Menentukan invers matriks berordo 2 × 2
2. Menyelesaikan masalah persamaan dan
pertidaksamaan, matrik, dan program
linear serta dapat menerapkannya dalam
bidang kejuruan.
Menentukan penyelesaian permasalahan program
linear
3. Menghitung keliling, luas bangun datar,
dan dapat menerapkannya dalam bidang
kejuruan.
Menghitung keliling dan luas bangun datar
Menyelesaikan permasalahan pada barisan dan deret
aritmetika
4. Menerapkan konsep pola bilangan
dalam menyelesaikan perhitungan
barisan dan deret serta terampil
menggunakannya dalam menyelesaikan
permasalahan dalam bidang kejuruan.
Menyelesaikan permasalahan pada barisan dan deret
geometri
Menyelesaikan permasalahan pada penyajian data
Menghitung ukuran pemusatan
Menghitung ukuran penyebaran
5. Mengolah, menyajikan, dan
menafsirkan data serta dapat
menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Menghitung angka baku dan koefisien variasi
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD.
BAMBANG SUDIBYO
9
Salinan sesuai dengan aslinya.
Kepala Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan Nasional,
Dr. A. Pangerang Moenta,S.H.,M.H.,DFM
NIP 196108281987031003

Sumber: Depdiknas

Belum Ada Tanggapan to “PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 76 TAHUN 2009”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: