Gladiator07's Blog
Just another WordPress.com weblog

Cakram-Magnet Kecil Bisa Bunuh Sel Kanker


Cakram-magnet kecil dengan diameter hanya seperjuta meter dapat digunakan untuk membunuh sel kanker, demikian hasil satu studi yang disiarkan Ahad.

Uji-coba laboratorium mendapati apa yang disebut sebagai “nanodisc”, dengan tebal sekitar seper-enam-puluh miliar meter, dapat digunakan untuk mengganggu membran sel kanker, sehingga membuat semua tersebut menghancurkan diri mereka sendiri.

Cakram itu dibuat dari campuran nikel dan besi, yang bergerak ketika didekatkan dengan medan magnet, dan merusak sel kanker, demikian antara lain isi laporan yang disiarkan di dalam Nature Materials.

Salah seorang penulis studi tersebut, Elena Rozhlova dari Argonne National Laboratory di Amerika Serikat, mengatakan mendekatkan cakram itu dengan medan magnet rendah selama sekitar 10 menit cukup untuk merusak 90 persen sel kanker dalam ujicoba.

Komentar mengenai laporan itu, Jon Dobson dari Keele University di Inggris mengatakan antibodi dapat digunakan untuk mengarahkan cakram tersebut ke arah sel tumor. “Ini menyediakan teknik yang cepat dan luar biasa untuk mengincar penghancuran tumor tanpa dampak yang berkaitan dengan pengobatan sistematis seperti kemoterapi,” tulis Dobson. (Ant)

Senin, 30 November 2009 14:05 WIB

Paris, (tvOne)

Belum Ada Tanggapan to “Cakram-Magnet Kecil Bisa Bunuh Sel Kanker”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: