Gladiator07's Blog
Just another WordPress.com weblog

Elpiji Meledak, Dua Orang Terbakar


Insiden ledakan yang disebabkan kebocoran elpiji kembali terjadi. Setelah Senin (14/12) lalu menimpa warga Jetis, Dau, Kabupaten Malang, giliran kemarin warga di Jl Mayjend Panjaitan, Klojen, dikagetkan dengan peristiwa serupa. Ledakan yang terjadi pada pukul 10.30 itu mengakibatkan dua orang kritis dan kini masih menjalani perawatan intensif di RSSA Malang.

Ledakan elpiji terjadi di rumah Mohammad Yusuf Effendi, 32. Rumahnya hancur berantakan akibat ledakan tabung elpiji 12 kilogram. Sedangkan dua orang yang menjadi korban ledakan adalah Yusuf Effendi dan Ary Rahmad Wijaya, 25, adik ipar Yusuf Effendi. Dua korban ini menderita luka bakar di sekujur tubuhnya saat berada di dalam rumah.

Sebagian besar kulit pada kedua tubuh korban mengelupas, mulai dari muka hingga ujung kaki. Selain dua korban terbakar, Jumaati, istri ketua RT setempat yang rumahnya berdampingan, juga menderita luka-luka. Sebagian tangan dan kakinya terluka terkena pecahan kaca akibat ledakan itu.

Selain memporak-porandakan rumah korban, lima rumah di sekitarnya juga mengalami kerusakan. Di antaranya, dua rumah milik Sadi yang juga ketua RT setempat, Matroji, Nur Khozin, dan rumah Hariono. Kerusakannya beragam. mulai dari asbes ambrol, kaca pecah, hingga genteng berantakan.

Sejauh ini polisi belum memastikan sumber ledakan. Namun, ketua RT setempat, Sadi, mengatakan bahwa ledakan itu terjadi tidak lama setelah korban memperbaiki elpiji. “Tadi pagi ada bau gas, katanya tabungnya bocor. Setelah itu diperbaiki. Mungkin gasnya masih ada, lalu dicopot. Setelah diperbaiki, lalu dicoba akhirnya meledak,” kata Sadi yang turut mengantar korban ke RSI Unisma dengan menggunakan mobil pribadinya.

Saat ledakan terjadi, warga langsung berhamburan keluar rumah. Saat itulah, Yusuf Effendi juga keluar rumah dengan pakaian yang sudah compang-camping karena terbakar. Kulit tubuhnya melepuh dan rambut yang menempel di kepala juga sudah habis terbakar. Aroma daging terbakar menyengat saat dia melintas di antara kerumunan warga.

Sementara, Rahmad Wijaya, satu korban lainnya dengan kondisi yang juga parah terus mengerang kesakitan. Dengan bantuan warga sekitar, kedua korban langsung dilarikan ke RSI Unisma. Namun, dikarenakan luka yang dialami cukup parah, keduanya dirujuk ke RSSA Malang.

Berselang beberapa saat kemudian, petugas kepolisian Polsek Klojen melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara). Tabung elpiji 12 kilogram yang diduga menjadi penyebab ledakan itu diamankan. Tabung berwarna biru yang diketemukan di antara reruntuhan bangunan itu masih terlihat utuh.

Sementara itu, anggota Reskrim Polsekta Klojen yang datang ke lokasi ledakan mendalami pemeriksaan terhadap kondisi tabung elpiji kemasan 12 kilo dari lokasi kejadian. Diduga karet penutup regulator tidak berfungsi dengan baik, sehingga gas keluar dan memenuhi seluruh isi ruangan. “Akibatnya ketika ada percikan api langsung terjadi ledakan,” kata Kapolsekta Klojen Tukimin Hadi. Dari peristiwa ini, polisi masih memeriksa satu saksi, yakni istri Yusuf, Rina Wahyu Setyaningrum, 32. Kebetulan saat ledakan terjadi Rina sedang keluar rumah.

Sumber: (Sabtu, 19 Desember 2009, Radar Malang)

Belum Ada Tanggapan to “Elpiji Meledak, Dua Orang Terbakar”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: