Gladiator07's Blog
Just another WordPress.com weblog

Lawan Estudiantes, Barcelona Lebih Diunggulkan


Estudiantes v Barcelona

ABU DHABI – Barcelona pernah menikmati sejumlah gelar di berbagai ajang. Namun, ada satu trofi prestisius yang hingga kini belum mampir ke Nou Camp (markas Barcelona). Yakni, gelar di pentas Piala Dunia Antarklub. Di ajang ini, Barcelona sebetulnya punya kesempatan untuk menjadi jawara.

Kesempatan pertama terjadi pada 1992, saat even itu masih bernama Piala Toyota. Sayang, mereka kalah 1-2 oleh Sao Paulo. Kesempatan kedua datang pada 2006. Barcelona yang diperkuat pemain terbaik saat itu, Ronaldinho, bertemu Internacional di final. Namun, Barca kembali pulang dengan tangan hampa setelah kalah 0-1.

Nah, apakah kutukan gelar tersebut masih berlanjut tahun ini? Ekspektasi Barcelonistaspendukung Barca- agar timnya bisa naik podium juara memang sangat tinggi. Sebab, performa Carles Puyol dkk sedang menanjak.

Namun, ekspektasi itu bisa meleset. Sebab, di final yang berlangsung di Zayed Sports City Stadium dini hari nanti (siaran langsung TVOne pukul 02.30 WIB), mereka harus menghadapi Estudiantes. Jawara Libertadores itu punya potensi untuk menggagalkan mimpi Josep Guardiola dan pasukannya untuk menutup perjalanan 2009 dengan raihan gelar.

“Tahun yang luar biasa akan kami lewati. Sebelumnya, kami harus menyelesaikan satu tugas lagi, yakni menjuarai ajang ini,” papar Lionel Messi, striker Barca, dalam sesi jumpa pers di Zayed Sport City Stadium, kemarin.

Pengamat dan bursa taruhan memang lebih mengunggulkan Blaugrana (julukan Barcelona). Namun, Guardiola mengingatkan pasukannya untuk tidak merasa superior. “Merasa hebat adalah kesalahan terbesar,” ujar Guardiola.

Saat menghadapi Estudiantes nanti, Barca tidak bisa memainkan Andres Iniesta. Gelandang lainnya, Seydou Keita, juga tidak fit seratus persen. “Tak masalah. Sebab, masih ada pemain lain yang siap menggantikan posisinya,” kata pelatih berusia 38 tahun itu.

Dengan menggunakan tiga penyerang di depan, Guardiola bakal memainkan Messi, Zlatan Ibrahimovic, dan Pedro Rodriguez. “Kondisi Thierry Henri kurang baik. Jika memungkinkan, saya akan memainkan Henry. Kita lihat saja nanti,” ucap Guardiola.

Di kubu Estudiantes, ada kabar bahwa tim besutan Alejandro Sabella itu akan memainkan tiga bek tengah dan dua bek sayap untuk meredam serangan Barca. Estudiantes juga punya basis dukungan. Sekitar tiga ribu suporter El Leon (julukan Estudiantes) akan memberikan dukungan langsung di stadion.

“Pengalaman saat bermain di Piala Dunia Antarklub sebelumnya membantu saya pada even kali ini,” ucap Boselli, striker Estudiantes yang tampil membela Boca Juniors di ajang Piala Dunia Antarklub pada 2007. (ham/bas)

PERKIRAAN PEMAIN

Estudiantes (4-4-1-1)

Pemain 25-Albil (g); 16-Germán Ré, 2-Desábato, 13-Díaz, 30-Rodriguez; 8-Pérez,22-Braña, 11-Verón, 18-Núñez; 23-Benítez, 17-Boselli

Pelatih Alejandro Sabella

Barcelona (4-3-3)

Pemain 1-Valdes (g); 2-Alves, 3-Pique, 5-Puyol, 22-Abidal; 6-Xavi, 24-Toure, 16-Busquets; 10-Messi, 9-Zlatan, 17-Pedro

Pelatih Josep Guardiola

Facts and Figures

1. Barcelona belum pernah menjadi juara di ajang Piala Dunia Antarklub. Sementara, Estudiantes terakhir kali menjadi jawara pada 1968 (masih bernama Piala Toyota).

2. Pedro Rodriguez mencatatkan dirinya sebagai pemain Barcelona yang mampu mencetak gol di semua ajang musim ini. Pedro telah mencetak tiga gol di Liga Primera Spanyol, dua gol di Liga Champions, tiga gol di Copa del Rey, serta satu gol di Piala Super Eropa.

3. Barcelona belum terkalahkan dalam 14 laga terakhir. Tim terakhir yang mengalahkan Barcelona adalah Rubin Kazan pada 20 Oktober 2009 di ajang Liga Champions.

Belum Ada Tanggapan to “Lawan Estudiantes, Barcelona Lebih Diunggulkan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: