Gladiator07's Blog
Just another WordPress.com weblog

(IKIP) PGRI Semarang berhasil merancang alat untuk mendeteksi tingkat kecemasan


Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Semarang berhasil merancang alat untuk mendeteksi tingkat kecemasan seseorang yang diberi nama “Detektor Kecemasan”. “Alat ini (Detektor Kecemasan, red.) bisa digunakan untuk mendeteksi tingkat kecemasan calon peserta didik,” kata Kepala Lembaga Meta Kognitif IKIP PGRI Semarang Chr Argo Widiharto di Semarang, Sabtu (31/7).

Menurut dia, aplikasi alat tersebut di bidang pendidikan sangat dibutuhkan, terutama untuk melihat tingkat kecemasan seseorang yang akan masuk ke perguruan tinggi atau akan mengikuti ujian dan seleksi. Secara praktis, kata dia, alat ini sangat dibutuhkan untuk sekolah-sekolah tertentu yang membutuhkan siswa yang mampu bersikap tenang dan tidak mudah panik jika menghadapi segala permasalahan.

“Kami tengah mengembangkan alat ini agar tingkat validitasnya mendekati sempurna, sebab sementara ini tingkat validitas alat ini masih sekitar 90 persen. Tinggal sedikit lagi agar hasilnya optimal,” katanya. Namun, kata dia, penggunaan alat tersebut sebenarnya tidak hanya untuk bidang pendidikan, sebab bisa digunakan untuk umum. “Hanya saja, skala yang digunakan harus disesuaikan tujuannya,” katanya.

Ia mengatakan, prinsip kerja alat tersebut merupakan penggabungan antara dua disiplin ilmu, yakni psikologi dan fisika, sedangkan cara kerjanya sebenarnya sangat sederhana menggunakan bahan, seperti kawat dan lampu. “Sistem kerjanya sangat sederhana, yakni cukup dengan menggerakkan kolong kawat logam yang menelusuri kawat berkelok-kelok. Apabila kawat kolong bersentuhan dengan kawat berkelok, lampu akan berkedip,” katanya.

Tingkat kecemasan seseorang, kata dia, bisa dilihat dari seberapa sering kawat logam dan kawat berkelok bersentuhan, sebab selain ada penanda nyala lampu, pihaknya menambahkannya dengan bunyi-bunyian khas. “Apabila lampu menyala dan terdengar bunyi-bunyian seperti ledakan kecil, itu mengartikan tingkat kecemasan seseorang sudah berada pada suatu titik tertentu yang akan diukur dengan skala,” katanya.

Tingkat pengukuran kecemasan seseorang, kata dia, bisa dilihat dari skala berisi angka yang ditunjukkan. “Angka skala itulah hasil tesnya. Semakin tenang seseorang, maka skalanya akan semakin kecil,” katanya. Alat Deterktor Kecemasan hasil karya Lembaga Meta Kognitif IKIP PGRI Semarang itu juga dipajang dalam “Jambore Teknologi Jawa Tengah 2010” yang digelar di kompleks Pekan Raya dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jateng(ANT)

Sabtu, 31 Juli 2010 21:03 WIB

Semarang, (tvOne)

Belum Ada Tanggapan to “(IKIP) PGRI Semarang berhasil merancang alat untuk mendeteksi tingkat kecemasan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: